Senin, 24 April 2017

Daftar Harga Cengkeh Terbaru

Harga Cengkeh Terbaru - Sampai sekarang ini cengkeh dengan kata lain cengkih masihlah jadi komoditi yang begitu diperlukan di Indonesia. Terkecuali jadi bumbu memasak, cengkeh juga jadi satu diantara bahan baku pembuatan rokok. Tetapi perkiraan penurunan produksi rokok th. 2017 jadi 340 miliar batang saja dari th. lantas yang meraih 346 miliar sudah menyebabkan harga cengkih th. ini turun.

Bila berdasar pada harga ideal petani, harga cengkeh yaitu Rp 120 ribu per kg, tetapi saat ini diperdagangkan pada kisaran Rp 90 ribu per kg untuk cengkeh kering. Bahkan juga harga itu juga ada dibawah kisaran harga pokok produksi (HPP) petani yang sekitaran Rp 100 ribu per kg. Industri cengkih sendiri pada intinya masihlah begitu tergantung pada industri rokok, terlebih rokok kretek.

Hingga, bila petani mengambil keputusan untuk membatasi produksi rokok jadi bakal berikan efek yang cukup penting pada harga jual cengkih di Indonesia. Meskipun sekarang ini harga cengkeh tengah rendah, Asosiasi Petani Cengkeh Indonesia (APCI) memperkirakan bila produksi cengkeh nasional th. 2017 bakal tetaplah stabil seperti th. 2016, yaitu ada kisaran 110 ribu ton.

Walau ada cuaca berlebihan berbentuk hujan berkelanjutan juga tidak sangat membawa efek yang penting pada cengkeh. Disamping itu, harga cengkeh basah sekarang ini ada pada kisaran Rp 30 beberapa ribu sampai Rp 35 beberapa ribu per kg. Industri rokok kretek jadi industri yang paling banyak menyerap produksi cengkeh nasional, yaitu sekitaran 75%.

Sedang bekasnya diserap oleh industri makanan serta farmasi. Sayangnya untuk pasar ekspor cengkih sekarang ini demikian minim. Berdasar pada data th. 2016 lantas saja Indonesia cuma sukses mengekspor cengkih nasional sekitaran 100 ton. Harga cengkeh di musim panen th. tempo hari yang basah perkilonya menembus harga 50 beberapa ribu serta saat ini lagi anjlok ke harga 35 beberapa ribu.

Harga cengkeh basah di market terlebih di wonogiri sekitar pada Rp 36. 000 per kg sedang harga cengkeh kering di market sekitar pada Rp 90. 000 - Rp 94. 000 bergantung konsumen serta daerah. Kenapa harga cengkeh beralih ganti? karenanya dipengaruhi oleh cuaca lantaran bila pada musim hujan sedikit turun, serta untuk meminimalkan kerugian akibat busuk lantaran permasalahan pengering dengan cahaya matahari.

Sumber. Harga Cengkeh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar